Selamat Datang di website Rumah Pintar "Pijoengan" Jogja

Selamat Datang di website Rumah Pintar 'Pijoengan'.

Total Pengunjung Website ini

Jumat, 07 Agustus 2009

RUMAH PINTAR KITA

Minggu, 2009 Mei 24


Rumah pintar Jogja merupakan sebuah rumah yang di dalamnya terdapat kegiatan yang bersifat pemberdayaan. Rumah pintar ini diresmikan oleh Ibu Murniaty Widodo AS selaku Ketua Solideritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu, dan Prof DR KH Didin Hafiduddin, selaku Ketua Baznas Jakarta.Rumah Pintar yang berada di Dusun Daraman Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul ini sudah berjalan 2 tahun.

Masyarakat bisa memanfaatkan ruang baca dan buku dengan membaca buku, kegiatan ini memungkinkan masyarakat memperoleh pengetahuan dari membaca di rumah pintar.
Kegiatan lain yang bersifat keterampilan, masyarakat bisa mengikuti kursus jahit, kursus bordir, kursus membuat manik-manik, kursus memasak, kursus membuat roti dan kue, kursus kecantikan, dan lain-lain.Untuk meningkatkan pendapatan petani Rumah Pintar mempunyai satu buah traktor tangan dan empat pompa air untuk mengairi sawah.

Penggunaan traktor dan Pompa yang dilakukan oleh Rumah Pintar dengan cara masyarakat yang ingin menggunakan traktor milik Rumah Pintar tinggal pesan pemakaian, dan membayar sesuai dengan pembayaran umum. Hanya bedanya dengan menggunakan Traktor milik pribadi, masyarakat akan menerima kembali pembayaran sebesar 25% dari yang dibayar dalam bentuk Voucer.

Voucer yang diterima ditukarkan kembali di Kios Rumah Pintar dalam bentuk pupuk, pestisida, bibit dengan harga distributor.

Keuntungan penggunaan traktor tersebut petani bisa membeli dengan harga jauh lebih murah dibanding ditoko pertanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar