Selamat Datang di website Rumah Pintar "Pijoengan" Jogja

Selamat Datang di website Rumah Pintar 'Pijoengan'.

Total Pengunjung Website ini

Jumat, 07 Agustus 2009

POMPA AIR ATASI EL NINO











Kata El Nino akhir-akhir ini hangat dibicarakan, mulai dari pejabat, sampai masyarakat paling bawah.

Berdasarkan pemantauan perkembangan cuaca melalui satelit munculnya puncak El-Nino selama sekitar tiga bulan itu yaitu bulan Desember, Januari, dan Februari. El Nino akan mengakibatkan debit air sungai dan air tanah berkurang.

"Yang paling merasakan dampaknya ialah para petani yang selama ini hanya menggarap sawah tadah hujan. Mereka nantinya akan mengalami kesulitan air, sehingga perlu dari awal mempersiapkan diri menggantikan tanaman padi dengan komoditi palawija,".

Petani yang menggarap padi sawah perlu juga mempersiapkan pompa air, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi penurunan tajam debit air sungai sehingga tidak dapat memasuki saluran irigasi yang ada.

Untuk mengantisipasi perubahan ini Rumah Pintar Pijoengan bersama masyarakat di daerah Piyungan telah mempersiapkan Pompa air untuk mengairi sawah, membuat sumur sawah, serta meningkatkan debit air sumur dengan mengebor atau menyuntik agar sumur bisa di ambil airnya dengan pompa.

Untuk membuat satu sumur membutuhkan biaya 1.5 juta, sedang suntik sumur membutuhkan biaya 400 ribu rupiah.

Kini masyarakat desa Srimartani telah menyelesaikan pembuatan satu sumur dan tiga buah sumur yang disuntik. Untuk memaksimalkan pengairan masih membutuhkan tiga sumur lagi serta penyuntikan tiga buah sumur lagi.

Oleh karena itu Desa Srimartani masih membutuhkan uluran tangan untuk pembuatan tiga sumur tersebut.

Bantuan bisa disalurkan ke Rumah Pintar atau langsung membuatkan sumur di sawah yang berada di Desa Srimartani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar