Selamat Datang di website Rumah Pintar "Pijoengan" Jogja

Selamat Datang di website Rumah Pintar 'Pijoengan'.

Total Pengunjung Website ini

Kamis, 13 Agustus 2009

Pertanian Kekurangan Air, Rumah Pintar jogja Buat sumur Baru dan Sumur bor

Bantul & Sekitarnya
Sejumlah petani Daraman Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul saat musim kemarau akan kekurangan air. Oleh Karena itu rumah pintar bersama BAZNAS berinisiatif membuat sumur bor dengan kedalaman sekitar 4 meter.

Sumur bor yang dibuat dengan cara manual itu, diharapkan sebagai sumber air yang dapat mengaliri lahan persawahan petani di wilayah setempat.Sumur bor tersebut dibuat berada di sawah sawah yang belum ada sumurnya atau sudah ada tapi debit air tidak kuat untuk diambil pakai pompa air.

''Selama ini banyak bergantung terhadap air hujan,'' kata Kirwandi .Dengan adanya sumur bor tersebut, penanaman di lahan pertanian diharapkan tetap bisa berjalan meskipun pada musim kemarau.

Peralatan yang digunakan juga cukup sederhana, tanpa memakai mesin diesel penggerak bor. Mesin diesel yang dipunyai rumah pintar serta paralon 4 inci dan pipa besi sudah mampu untuk membuat sumur bur.

''Harga pembuatan sumur untuk 4 meter membutuhkan biaya lima ratus ribu rupiah". kata Udin. ''Jika tidak menemukan batu, pembuatan sumur bor manual, memerlukan waktu kurang dari 3. Tetapi bila di dalam tanah banyak ditemukan batu cadas, penggarapan tidak bisa dilanjutkan. ''Kalau ada batu, pekerjaan dikerjakan oleh suntik sumur profesional. '' ujar warga udin . (wied)

2 komentar:

  1. bagaimana cara menyuntik sumur. atao berapa biaya yang dikeluarkan untuk bisa suntik sumur

    BalasHapus
  2. rumah pintar punya solusi. biaya yang dikeluarkan tidak sampai 200.000. bandingkan dengan suntik sumur tk suntik yang bisa mencapai. 500.000 rupiah. kalau mau pakai peralon yang biasa (bukan wavin) bisa lebih murah lagi

    BalasHapus