Selamat Datang di website Rumah Pintar "Pijoengan" Jogja

Selamat Datang di website Rumah Pintar 'Pijoengan'.

Total Pengunjung Website ini

Kamis, 29 September 2011

Suntik Sumur Atasi Kekeringan di Piyungan

Musim kemarau tahun 2011 masih juga belum berakhir, kekeringan sawah masih saja menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat. Upaya petani agar panen tahun ini tidak gagal panen sudah banyak dilakukan. 
Selama ini petani mengandalkan pengairan dari saluran irigasi, tetapi sudah beberapa bulan ini air irigasi tidak sampai di Piyungan. Beberapa sebab irigasi tersendat antara lain pendangkalan sungai, perbaikan saluran irigasi, areal pertanian jauh dari pusat irigasi sehingga air banyak yang terserap atau hilang dalam perjalanan.
jadwal pemakaian pompa air yang sangat padat


Disamping itu lahan pertanian di Piyungan sebagian besar  berupa pasir, sehingga tanah mudah sekali kering, air  mudah terserap dan mudah menguap, sehingga kebutuhan air menjadi lebih banyak dibandingkan dengan lahan yang berupa tanah lincat.
 tim siap berangkat
Melihat kondisi tersebut Rumah Pintar 'Pijoengan' mengadakan program bantuan "pompa air untuk pengairan sawah". Program ini sangat disambut baik oleh petani. Hal ini bisa dilihat dari jadwa peminjaman pompa air yang begitu padat. Rumah Pintar mendapat bantuan BAZNAS berupa  3 buah unit pompa air . Dari tiga unit yang ada setiap hari digunakan oleh petani untuk pengairan. bahkan untuk bisa meminjam pompa milik rumah pintar harus memesan terlebih dahulu.
alat suntik harus diangkut dengan motor roda tiga

"Petani harus memesan alat pompa paling tidak satu minggu sebelum pemakaian", kata Sarjono salah satu staff Rumpin 'Pijoengan'.
Sementara itu pemakaian pompa untuk pengairan juga harus diimbangi dengan sumur yang ada di sawah-sawah. Dengan kondisi kemarau yang panjang banyak sumur yang debet airnya menyusut tajam, sehingga air tidak mampu lagi diambil dengan menggunakan pompa air. Dengan kondisi tersebut, perlu pembuatan sumur baru atau perbaikan sumur melalui suntik atau pengeboran.

Di  musim kemarau ini Rumah Pintar bersama-sama petani di lingkungan Srimartani telah berhasil membuat tiga sumur, dan melakukan penyuntikan di beberapa sumur... Air lancar, petani senang...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar