Selamat Datang di website Rumah Pintar "Pijoengan" Jogja

Selamat Datang di website Rumah Pintar 'Pijoengan'.

Total Pengunjung Website ini

Sabtu, 03 September 2011

Rumah Pintar 'Pijoengan': ..."kompos dari limbah ternak sangat menguntungkan"

Pupuk organik sangat penting  untuk menjaga keseimbangan tanah. Dewasa ini penggunaan pupuk kimia dan pestisida semakin tinggi.Tidak jarang, petani menggunakannya melebihi dosis yang dianjurkan, mengakibatkan rusak atau berkurangnya unsur hara tanah. Disisi lain, kelangkaan pupuk kimia sering terjadi, biasanya diiringi dengan kenaikan harga yang tentu semakin memberatkan petani. Nilai jual dari produksi pertanian relatif tetap (baca:murah) namun biaya saprotan meningkat.

Penggunaan limbah ternak sebagai kompos sebenarnya telah lama dikenal oleh petani. Dengan cara konvensional, kotoran ternak akan dibawa ke sawah dan dengan bantuan obat pengurai limbah dapat dimanfaatkan sebagai kompos setelah 3-6 bulan. 

Fakultas Teknik Pertanian UGM dalam program Zakat Community Development yang didukung oleh BAZNAS, di bulan Juni 2011 menyelenggarakan pelatihan pembuatan kompos dari limbah ternak dengan teknik aerasi aktif dan biostarter di dusun Petir Srimartani. Saat ini metode aerasi aktif dengan campuran serbuk gergaji kayu juga sedang diproses di areal Rumah Pintar 'Pijoengan' dan  telah memasuki minggu ketiga. Pemrosesan dengan metode ini memerlukan waktu sekitar 6 minggu.

Panen perdana di dusun Petir telah dikemas dalam ukuran 3 kg dan dapat dimanfaatkan oleh petani. Hasil pengolahan limbah ternak ini selain dapat mengurangi efek negatif limbah ternak diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan petani. Dan, dalam jangka panjang upaya sederhana ini merupakan bagian dari konservasi energi di tanah air kita tercinta. (BK)

Bongkar limbah ternak
Limbah diangkut ke lokasi (areal belakang gedung Rumah Pintar)
Limbah diaduk dengan serbuk gergaji kayu
Limbah siap diproses lanjut







Tidak ada komentar:

Posting Komentar