Selamat Datang di website Rumah Pintar "Pijoengan" Jogja

Selamat Datang di website Rumah Pintar 'Pijoengan'.

Total Pengunjung Website ini

Jumat, 16 September 2011

Hampir 100 Hektare Tanaman di Bantul Kekeringan. 3 Pompa Air milik Rumah Pintar Atasi Kekurangan air untuk pengairan.

pompa air untuk pengairan
Lahan persawahan sekitar 100 hektare di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami gagal panen atau puso. Kegagalan tersebut dikarenakan kekeringan akibat musim kemarau yang terjadi sejak Juli 2011.
                                                                                  
Kekeringan yang terjadi di wilayah Kabupaten Bantul karena tidaknya  air irigasi. Pengeringan ini juga diakibatkan karena  pendangkalan di sebagian sungai Progo akibat paska banjir lahar dingin pada erupsi tahun 2010. 

                      
pembuatan sumur baru di sawah
penyuntikan sumur yang debet airnya kecil

Untuk mengurangi kegagalan panen bagi petani yang berada di Wilayah Kabupaten Bantul, khususnya di desa Srimartani kecamatan Piyungan, Rumah Pintar 'Pijoengan' melakukan antisipasi dengan pengadaan air untuk pertanian. 

Bantuan pengairan tersebut berupa peminjaman Pompa Air untuk pengairan secara gratis, pembuatan sumur baru, dan perbaikan sumur yang ada, atau pengeboran sumur yang debet airnya kecil (tidak mampu diambil air dengan pompa air) 


air mengalir disawah pada malam hari
Program yang di lakukan oleh Rumah Pintar Pijoengan disambut baik oleh warga petani yang berada di sekitar Piyungan. Dengan tiga unit pompa air yang dimiliki oleh Rumah Pintar,  untuk peminjaman petani harus mendaftar satu minggu sebelum pemakaian, kadang malam hari pompa masih digunakan oleh petani untuk mengairi sawahnya.  Idealnya untuk musim kemarau panjang tersedia 10 mesin pompa air.

malam pun pompa air masih di sawah w



Tidak ada komentar:

Posting Komentar