Selamat Datang di website Rumah Pintar "Pijoengan" Jogja

Selamat Datang di website Rumah Pintar 'Pijoengan'.

Total Pengunjung Website ini

Rabu, 03 Oktober 2012

Penambahan Sumur Gali dan Sumur Bur.... Atasi kekeringan tahun 2012 di Piyungan Bantul

Tim Pembuat sumur sedang mengebor
Bulan Oktober tahun 2012 kekeringan melanda Piyungan, bantul, Jogjakarta tahun 2012. Salah satu yang mendapat dampak dari kekeringan adalah Petani.

Untuk mendukung pengairan yang dibutuhkan tanaman dibutuhkan sumur-sumur yang mampu digunakan untuk pengairan, serta alat pompa air yang digunakan untuk  mengambil air dari sumber mata air atau sumur.
Hampir 12 meter alat dimasukan di dalam tanah
Pengamatan di lapangan sumur yang ada tidak sebanding dengan luas lahan, rata-rata setiap 1 hektar hanya ada 2 sumur. Padahal setiap hektar dibutuhkan paling tidak ada 10 sumur yang mampu untuk pengairan.

Untuk mengimbangi kekurangan akan sumur, Rumah Pintar Baznas Pijoengan mempunyai alat untuk membuat sumur bor sederhana yang digunakan untuk pengairan.
12 meter telah dimasukan ke dalam tanah
Alat ini mampu memasukan paralon yang 4 meteran tiga buah (12 meter). Dengan tiga buah paralon yang bisa dimasukan dalam tanah, sumur ini bisa digunakan untuk mengairi sawah di musim kemarau ini.
Pipa paralon dimasukan dalam tanah

sumur bor sedang diuji coba diambil air pakai pompa air


air mengalir lancar ke sawah-sawah

2 komentar:

  1. Bos kalau kena batu yang agak besar gimana ,pindak lokasi atau bisa menembus batu

    BalasHapus
  2. Bagii yang sumurnya kering di musim kemarau bisa hub 02748224039 ahli bor sumur dan pemasangan pampa air segala merk kami siap melayani.

    BalasHapus