Selamat Datang di website Rumah Pintar "Pijoengan" Jogja

Selamat Datang di website Rumah Pintar 'Pijoengan'.

Total Pengunjung Website ini

Senin, 08 Oktober 2012

10 Petani Cabe dan Tomat di Piyungan mendapat Pendampingan dari Rumah Pintar Baznas Pijoengan

Beberapa saat belakangan ini cabe menjadi salah satu komoditas termahal sampai –sampai melebihi harga daging Sapi. Hal ini disebabkan cuaca yang tidak menentu sehingga banyak kegagalan tanam cabe di mana – mana, Harga Cabe mahal ini yang menikmati keuntungan bukannya petani Cabe tradisional, tapi petani cabe yang sudah propesional diantaranya memakai plastik Mulsa dan teknik penanaman cabe yang bagus.

Petani cabe yang ada di Srimartani masih banyak yang menggunakan sistem tradisional, ditanam langsung di tanah lahan tanpa plastik mulsa.sehingga hasil yang diperoleh sangat sedikit, dibanding dengan menggunakan teknologi mulsa.

Budidaya Cabe menjadi peluang usaha yang masih sangat menjanjikan, bukan hanya untuk pasar lokal saja namun juga berpeluang untuk memenuhi pasar ekspor. Potensi bisnis cabe yang cukup menguntungkan, menarik minat para petani di daerah dataran tinggi, dataran rendah, hingga daerah pesisir pantai. Jenis cabe juga cukup bervariasi, beberapa jenis dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk, rasa pedasnya dan warna buahnya.



Melihat peluang yang masih sangat bagus, Rumah Pintar di tahap awal mendampingi 13 Petani cabe dan tomat untuk menanam dengan sistem mulsa, dan penggunaan obat tepat guna, yang tersebar di dusun nmutihan, wanujoyo, Kemloko, Kembangsari, Daraman. dengan  rata-rata 1500 batang setiap orang,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar