Selamat Datang di website Rumah Pintar "Pijoengan" Jogja

Selamat Datang di website Rumah Pintar 'Pijoengan'.

Total Pengunjung Website ini

Kamis, 03 Desember 2009

RUMAH PINTAR MENCIPTAKAN TUKANG BUR SUMUR BARU


Program awal rumah pintar untuk mendukung pertanian dengan membuat dua sumur. karena biaya yang relatif mahal (1500 000 rupaih) untuk pembuatan satu sumur, maka untuk tahap awal ini rumah pintar membuat satu sumur, dan memperbaiki debet air dengan sumur bur.

Belajar dari pembuatan sumur bur dari tenaga profesional, mengingat banyaknya sumur yang harus disediakan di sawah-sawah supaya pengairan bisa lancar maka pengurus rumah pintar yakni Teguh waluyo beinisisatif untuk membuat alat sendiri.

Dari beberapa kali diuji coba alat bur buatan sendiri, akhirnya bisa digunakan sambil mempelajari kelemahan alat yang dibuat.

"Alhamdulillah sampai sekarang sudah ada 15 buah sumur yang berhasil di bur" kata Teguh (pengelola rumah Pintar) .
Dalam pembuatan bur sumur penelola sambil melatih warga yang ingin belajar membuat sumur bur. Sekarang sudah ada beberapa yang bisa membuat sumur bur sendiri tanpa didampingi pengelola.
Rabu tanggal 2 Desember 2009 merupakan praktek pembuatan sumur bur sepanjang 10 meter. ternyata berhasil memasukan 2 1/2 batang peralon.
Hasil pengeburan tersebut merupakan pengeburan terpanjang dalam pengeburan-pengeburan sumur selama ini.
Selamat kepada Mas Udin dan Mas Denan yang telah lulus melakukan pengeburan sumur.
Kedepan diharapkan dari keterampilan tersebut bisa digunakan untuk sarana bekerja sehingga bisa mendapatkan penghasilan dari pengeburan sumur yang dilakukan.(om te)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar